Tuesday, June 11, 2013

Mendaki Gunung





apa sih yang kamu rasakan saat naik gunung?
capek? jelas, tapi kenapa masih dilakukan?
dingin? ya tentu, gunung kok gak dingin?
percuma? nggak juga.. aku punya alasan kuat kenapa kita harus naik gunung dengan bijaksana. walaupun ada yang mempunyai keterbatasan hingga tidak boleh naik gunung sama dokter.

pertama, kamu akan berada di sebuah tempat yang orang jarang datangi, walaupun akhir-akhir ini banyak yang jadi pendaki 'dadakan' gara-gara film 5cm. tapi coba perhatikan, ketika kamu sekolah atau kuliah atau sudah bekerja, lihatlah teman-temanmu, tanyalah pada mereka. pernahkah mereka naik gunung, ke negeri ajaib di dataran tinggi sana? aku yakin kalau 85% belum pernah,,, nah langka bukan?
kedua, kamu pasti memiliki kebugaran jasmani lebih tinggi dibanding orang-orang yang tidak pernah olahraga, mungkin hampir menyamai atlet.kamu mendapat udara yang lebih sehat dan bersih.
ketiga kamu akan belajar bagaimana merencanakan perjalanan, ingat, naik gunung bukan main-main. banyak perencanaan. seperti latihan fisik, logistik, dan lain-lain. perencanaan perjalanan adalah faktor yang juga perlu kita perhatikan. kesehatan harus diperhatikan.
ke empat, kita akan lebih bisa bersosialisasi. coba kamu bayangkan saat kamu berada di tempat umum. kamu pasti tidak akan menyapa orang-orang yang lalu lalang di sekitarmu , bukan? percaya atau tidak, orang asing di gunung sekalipun sudah menjadi saudara secara tidak langsung, bagaimana hal itu bisa terjadi? begini, jika kita mendaki gunung, tentu bukan hanya kita saja kan? pasti banyak pendaki dari kota lain, PA lain, nah apa yang terjadi dengan mereka semua? walaupun tidak mengenal mereka merasa saling memliki. saat perjalanan, kami saling menyapa walaupun kami tidak saling kenal.. hingga akhirnya banyak dari kami yang benar-benar berteman akrab,
dan, walaupun kita mendaki gunung, ingatlah, gunung bukan rumah kita. bukan milik kita,
jangan meninggalkan apapun kecuali jejak, jangan mengambil apapun kecuali foto, dan jangan mematikan apapun kecuali api.
walau bukan pecinta alam, setidaknya kita tidak boleh bersikap egois. ramah, hargai, alam. maka alam juga akan mengahargai anda.
banyak yang memakai identitas pecinta alam, tapi apa yang mereka lalukan tidak mencerminkan identitas mereka. setidaknya kita tidak merusaknya, walaupun mendaki dan membawa bungkus makanan, setidaknya, bawalah kembali ke bawah dan buanglah ke tempat sampah di bawah..

No comments:

Post a Comment